Asal Usul Stonehenge – Mungkin sebagian dari kita sudah tidak asing dengan susunan batu yang satu ini. Namun tahukah kalian ternyata susunan batu yang sering kita lihat sebagai gambar wallpaper komputer ini ternyata adalah sebuah bangunan bersejarah dunia ?

Asal Usul Stonehenge Yang Masih Menjadi Misteri Hingga Saat Ini

Diberinama Stonehenge , bangunan bersejarah ini terletak berdekatan dengan Amesbury di Wiltshire, Inggris, atau sekitar 13 km barat laut Salisbury. Bangunan yang dikabarkan telah ada sejak zaman Perunggu, dan Neolitikum ini merupakan peninggalan sejarah paling terkenal di dunia ini.

Asal usul judi slot terbaik dan terpercaya Stonehenge membuat banyak pertikaian mengenai usia sebenarnya lingkaran batu ini. Namun beberapa arkeolog berpendapat jika lingkaran batu tegak yang berada di dalam lingkup tembok tanah ini didirikan antara 3.000 SM sampai 2.000 SM dalam tiga tahap.

Pembangunan pertama dimulai sekitar 3000 SM berupa parit melingkar sederhana dengan gundukan tanah di bagian dalam yang tinggi. Pembangunan kedua dilakukan sekitar 700 tahun kemudian, atau sekitar 2300 SM. Dan yang terakhir dilakukan sekitar 200 SM, dan di pada pembangunan terahir ini selesai sekitar tahun 1500 SM.

Ada beberapa teori dan mitos yang terkenal dari bangunan yang disebut mitos keadilan ini. Salah satunya yaitu penyihir Merlin yang mengangkat batu dari Irlandia hingga sebagai tempat pendaratan mahkluk luar angkasa alias UFO di tempat tersebut.

Untuk menjawab masalah tersebut , para arkeolog telah menyimpulkan beberapa dasar teori yang kuat dimana Stonehenge kemungkinan adalah tempat untuk menyembah matahari atau kalender kuno. Parker Pearson dalam penelitiannya menyebut jika Stonehenge merupakan tempat ziarah pada saat titik balik matahari musim dingin. Stonehenge mungkin dulunya dijadikan sebagai tempat pemakaman sebab ditemukannya makam dan beberapa kerangka yang berasal dari wilayah jauh di tempat tersebut. Namun lagi lagi teori ini masih belum bisa terbukti keasliannya.

Hingga saat ini tak ada seorang pun yang tau mengapa peradaban kuno membangun megalit misterius dengan ukuran yang sangat besar tersebut. Meskipun begitu, para peneliti selama bertahun tahun telah menyatakan situs itu sebagai kalender matahari, symbol persatuan atau monument penguburan.

Di sisi lain , para penulis percaya jika bangunan bersejarah ini dibangun oleh makhluk asing alias alien atau dengan kekuatan supranatural. Sebab menurut mereka sangat mustahil rasanya bagi seorang manusia pada jaman itu membangun monument yang sedemikian besar dan rumit.

Namun belakangan ini ditemukan bahwa sebenarnya terdapat beberapa teori yang bisa menjelaskan bagaimana cara Stonehenge di bangun. Teori ini terdiri dari dua bagian , yang pertama adalah bagaimana menegakkan dan mengangkat batu – batu besar tersebut. Dan yang kedua adalah bagaimana mengangkut batu – batu besar tersebut ke lokasi dari sebuah tempat dengan jarak yang cukup jauh.

Wally Wallington , seorang ahli tukang kayu yang berpengalaman lebih dari 35 tahun telah menemukan cara untuk menggerakan benda – benda berat dan besar hanya dengan menggunakan kayu. Rahasianya adalah daya ungkit atau leverage.

Wally mengatakan menggerakan sebuah batu besar bisa dilakukan dengan membuat sebuah jalur dari kayu dengan karakteristik tertentu Ketika batu tersebut ditaruh di atasnya , batu itu akan mudah berpindah.Metode penemuannya ini mungkin sama dengan metode yang digunakan oleh Edward Leedskalnin untuk membangun Coral Castle. Bahkan Wally juga mengatakan jika ia memiliki sumber daya yang cukup , ia mampu membangun sebuah piramida tanpa menggunakan teknologi canggih sekalipun.