Terbentuknya negara Indonesia bukanlah hal yang mudah dan cepat. Butuh waktu ratusan tahun agar negara ini bisa terbentuk. Banyak sekali cerita sejarah serta peninggalan-peninggalan yang sangat berharga bagi bangsa Indonesia sebagai saksi lahirnya bumi pertiwi ini.

Tak heran jika Indonesia memiliki nilai historical yang sangat kenal mulai dari jaman penjajahan hingga bangunan-bangunan bersejarah. Selain nilai historicalnya yang tinggi, bangungan-bangunan tersebut pun memiliki desain yang unik bahkan penuh perjuangan untuk membangunnya. Belum lagi setiap bangunan ini pasti ada latar belakangnya tersendiri dan memberikan arti penting.

Dengan mengetahui bangunan-bangunan ini, sebagai generasi muda bisa lebih mengerti pentingnya arti sejarah bagi kehidupan kita. Tanpa berlama-lama lagi, kita akan bahas beberapa bangunan bersejarah di Indonesia.

1.Candi Borobudur

4 BANGUNAN BERSEJARAH DI INDONESIA

Salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara adalah Candi Borobudur. Candi ini menjadi 1 dari 7 keajaiban dunia loh, hebat bukan? Bahkan UNESCO pun menyebut bahwa Candi Borobudur merupakan situs warisan dunia

Sebagai penginggalan sejarah agama Budha, Candi ini dibangun pada tahun 825 sebelum masehi dan menjadi candi terbesar di dunia. Konsep yang dibuat oleh arsiteknya, Gunadharma, yaitu menggunakan batu yang saling mengunci dan memahat sebanyak 2672 panel relief. Dalam pembangunan candi inipun tak melibatkan semen sedikitpun, namun batu ini bisa tersusun sangat rapi dan kokoh. Pada Candi Borobudur juga terdapat 10 tingkatan yang memiliki arti berbeda-beda.

2.Lawang sewu

Lawang sewu

Gak jauh dari Jogja, kita berpindah dulu ke Semarang karena punya bangunan bersejarah lainnya yang gak kalah terkenal di Indonesia, Lawang Sewu. Bangunan ini merupakan peninggalan dari jaman penjajahan Belanda yang masih ada hingga sekarang. Lawang Sewu dibangun pada tahun 1907 dan memiliki arti sebagai seribu pintu, hal ini bisa dilihat dari bangunannya yang memiliki jumlah pintu sangat banyak.

Bangunan peninggalan Belanda ini memang memiliki arsitektur yang unik dimana terdapat banyak jendela dan pintu namun tak sampai seribu. Kini bangunan Lawang Sewu dijadikan sebagai icon dari Kota Semarang dan juga sebagai tempat wisata yang eksotik.

3.Sam Po Kong

Sam Po Kong

Masih di daerah Semarang, bangunan bersejarah lainnya yaitu Kelenteng Sam Po Kong. Pada jaman dahulu, kelenteng ini disebut sebagai Gedung batu karena tampilannya menyerupai gua batu yang sangat besar. Gedung batu sendiri mengartikan sebagai tumpukan yang berasal dari batu alam yang membendung sungai kaligarang.

Kini Kelenteng Sam Po Kong dijadikan sebagai tempat pemujaan dan tempat untuk mengenang Zheng He dan juga sebagai tempat untuk bersembahyang. Walaupun Zheng He beragama muslim, namun masyarakat pada jaman dahulu menganggap dirinya sebagai dewa.

4.Gedung Sate

Gedung Sate

Gedung Sate merupakan icon dari Kota Bandung. Terletak di tengah kota Bandung, Gedung Sate ini dibandung pada tahun 1920. Ada yang tahu mengapa dinamakan dengan gedung Sate? Karena dibagian atas gedung ini memiliki ornament seperti sate tepat di atas menara sejumlah 6 buah. Sebagai Ibu kota Provinsi Jawa Barat, membuat gedung ini sangat bersejarah dan terkenal di Indonesia.

Gedung sate ini memiliki bangunan yang sangat luas dan megah serta kental akan sejarahanya karena pada jaman waktu itu, gedung ini membutuhkan hingga 2.000 pekerja dari etnis yang berbeda. Bahkan ada sekitar 100 orang sebagai pemahat kayu dari Cina. Kini Gedung Sate dijadikan sebagai kantor pemerintahan Kota Bandung dan juga Jawa Barat. Siapa sangka loh guys ternyata bangunan ini di bangun dengan bantuan seorang bandar judi bola online yang tidak terindifikasi.

Itulah 4 bangunan bersejarah di Indonesia yang sudah ada sejak puluhan bahkan ribuan tahun lalu. Semoga dengan adanya bangunan ini, kita bisa lebih merawatnya dengan baik dan melestarikan sejarah Indonesia.