Indonesia ialah negara yang sudah berdiri da;lam kurun waktu yang lama. Dimana sudah cukup banyak sekali bangunan bersejrah yang memiliki nilai historis tinggi serta arsitektur yang menawan. Bangunan bersejarah ini juga memiliki unsur budaya, ras, serta agama yang melahirkan desain unik yang membuat bangunan dengan desain yang beragam. Kali ini, kami akan menyebutkan beberapa daftar bangunan bersejarah yang ada di pulau Jawa, Indonesia!

Daftar Bangunan Bersejarah di Dunia!

1. Candi Borobudur

5 Bangunan Paling Bersejarah di Pulau Jawa yang Diakui Dunia!

Daftar yang pertama ini merupakan salah satu bangunan bersejarah yang merupakan peninggalan umat Budha dan telah dinobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO. Dimana bangunan ini dibangun pada era Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra di tahun 825 SM. Situs ini juga ialah candi terbesar di dunia yang memiliki ketinggian sebesar 42 meter tingginya. Arsitek candi ini sendiri ialah Gunadharma yang telah memahat 2672 panel relief yang panjangnya hingga mencapai sebesar 6 kilometer.

2. Candi Prambanan

Selanjutnya adalah salah satu candi peninggalan Dinasti Sanjaya yang wajib kalian ketahui. Dimana candi ini dikenal dengan kompleks seribu candi. Candi ini memiliki candi utama dnegan ketinggian sebesar 47 meter. Pembangunan dari candi ini juga telah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO yang merupakan lambang pemujaan untuk Dewa Siwa.

3. Keraton Yogyakarta

Istana resmi kesultanan di daerah Yogyakarta yang saat ini berfungsi sebagai rumah sultan yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga sekarang ini. Sebagain wilayah keraton ini digunakan untuk menyimpan bermacam-macam koleksi kesultanan. Desain arsitektur ini sungguh mengagumkan dengan bangunan yang menjadi salah satu istana khas pulau Jawa dengan tampilan terbaik.

4. Gereja Katredal

Berikutnya adalah salah satu bangunan yang memiliki tinggi mencapai hingga sebesar 60 meter yang berada bersebelahan dengan Masjid Istiqlal. Gereja ini berdiri sejak tahun 1891 yang menggantikan bangunan gerwja ini runtuh saat era Belanda. Bangunan ini mengusung gaya arsitektur neo-gotik yang dibangun dengan dana hingga sebesar 628 ribu gulden yang berasal dari jemaat saat itu. Gereja ini memiliki bahan materia terbaik yang di arsiteki oleh Pastor Antonius yang bsia beridir secara kokoh hingga saat ini.

5. Lawang Sewu

Daftar kelima ini merupakan slaah satu bangunan sejarah yang juga sebagai salagh satu peninggalan di era penjajahan Belanda yang sekarang ini berdiri di daerah Semarang. Tempat ini juga digunakan sebgaai salah satu kantor perusahaan kereta api Hindia Timur. Bangunan ini berfungsi sebagai salah satu wisata eksotis yang banyak disukai pengunjung. Bangunan ini juga memiliki jumlah pintu dari bangunan yang didirikan tahun 1907 sesuai dengan namanya.

6. Kelenteng Sam Po Kong

Dan yang terakhir adalah salah satu gedung Batu yang memiliki tampilan seperti gua besar di bukit batu. Tempat ini sering sekali difungsikan menjadi tempat pemujaan dan peringatan di kota Semarang. Bangunan bekas peninggalan Laksamana Cheng Ho ini merupakan tumpukan batu alam yang membendung Sungai Kaligarang di abad ke-15.

Nah itu dia 6 daftar tempat bersejarah yang ada di Pulau Jawa yang perlu kalian pahami dan ketahui. Dimana Indoneisa memiliki beberpaa bangunan sebagai bukti sejarah dari masa lalu Indonesia yang menyimpan beragam histori dan cerita sejarah didalamnya. Bangunan sejarah ini juga telah dikenal oleh masyarakat yang ada di dunia.