Bangunan Katedral dan Gereja Bersejarah di Dunia

Bangunan Katedral dan Gereja Bersejarah di Dunia

Bangunan Katedral dan Gereja Bersejarah di Dunia

Pekembangan dunia tidak luput dengan berjalannya sejarah agama kristen yang diyakini memang sudah ada sejak jaman Adam dan Hawa. Bangunan tempat ibadah yang sering disebut dengan gereja / katedral, menjadi bagian saksi dari bentuk terjadinya perkembangan jaman. Dalam sesi kali ini, kami akan membagikan kepada Anda seputar informasi daftar nama gereja tertua di dunia!

BACA JUGABangunan Peninggalan Belanda Bersejarah di Indonesia

Gereja Tertua di Dunia Miliki Nilai Sejarah Panjang

Gereja Tertua di Dunia

⇒ Hagia Sophia

Berlokasi di Istanbul, Hagia Sophia dianggap sebagai gereja tertua di dunia yang sudah berusia lebih dari 1000 tahun. Para ahli peneliti melakukan observasi dengan bangunan tua yang masih bergaya sangat klasik. Dibangun dengan bata merah dan banyak gambar simbol tua, diperkirakan Hagia Sophia sudah ada sejak tahun 532 hingga 537.

Sejarah yang ada pada Hagia Sophia juga sangat panjang, karena lokasinya berada di tempat strategis dan dulu sangat diperebutkan. Awalnya Hagia Sophia merupakan gereja untuk bangsa Katolik, namun beralih fungsi menjadi gereja Kristen. Perubahan terjadi lagi pasa masa pemerintahan Ottoman, Hagia Sophia menjadi masjid.

Namun sekarang Hagia Sophia sudah dijadikan sebuah museum bersejarah yang masih memiliki gaya bangunan tempat ibadah tua orang Katolik. Kamu bisa mengunjungi Hagia Sophia yang menjadi museum ini untuk mendapatkan banyak sejarah seputar agama. Bangunan ini menjadi salah satu tempat ibadah yang sangat populer dan bermakna untuk ketiga agama.

⇒ Etchmiadzin Cathedral

Meskipun bernama Katredal, Etchmiadzin merupakan tempat beribadah untuk orang Kristen bagi orang-orang di Armenia. Hingga sekarang gereja ini masih sangat aktif dalam melakukan acara ibadah. Diperkirakan kalau Etchmiadzin Cathedral ada sejak tahu 301, tapi kamu tidak akan melihat bangunan ini seperti usia tua, karena memang Etchmiadzin dibangun kembali pada tahun 483 karena mengalami kerusakaan akibat retakan pada dindingnya. UNESCO menjadikan gereja ini sebagai bangunan bersejarah dan harus dilindungi karena berada dilokasi yang sangat penting.

⇒ Gereja Dura-Europos

Gereja Dura-Europos adalah gereja Kristen yang paling awal diidentifikasi. Gereja ini terletak di negara Suriah dan diperkiraakan sudah ada sejak tahun 235 M. Gereja Dura-Europos merupakan sebuah rumah domestik normal yang dialihkan untuk tempat ibadah beberapa waktu antara 233 dan 256, ketika kota tersebut ditinggalkan setelah ditaklukkan oleh bangsa Persia.

⇒ Megiddo Church

Gereja ini sudah tidak berbentuk bangunan, namun seorang Arkeolog bernama Israel Yotam Tepper dari Tel-Aviv University. Menemukan sebuah mosaik yang menuliskan “Gereja dipersembahkan kepada TUHAN YESUS” dalam bahasa Yunani. Ditemukan pertama kali pada tahun 2005, Ahli Arkeolog ini menytakan bangunan ibadah yang hancur ini sudah ada sejak abad ke-3. Masa dimana saat itu bangsa kristen di Israel masih dianiaya oleh pemerintahan Kekaisaran Romawi.

⇒ Church of The Holy Sepulchre

Gereja Makan Suci atau Church of The Holy Sepulchre dibangun pada abad ke-4. Konon, bangunan ini dibangun di atas Bukit Golgota dan makam Yesus. Oleh sebab itu, lokasi tersebut dipandang sebagai salah satu tempat tersuci oleh umat Kristen. Tak hanya itu, lokasi gereja ini juga menjadi saksi peristiwa kebangkitan Yesus. Sebagai informasi tambahan, baru-baru ini arkeolog dunia disebut menemukan rumah Yesus di Nazareth, Israel.