Bangunan Peninggalan Belanda Bersejarah di Indonesia

Bangunan Peninggalan Belanda Bersejarah di Indonesia

Indonesia adalah negara yang pernah dijajah oleh kolonial Belanda. Selama 346 tahun Belanda menjajah Indonesia, sehingga ada banyak bangunan bersejarah dan budaya dari Belanda dinegara ini.

Bangunan Peninggalan Belanda Bersejarah di Indonesia

Untuk mengenal lebih jelas tentang apa saja bangunan peninggalan Belanda. Nah dibawah ini Anda bisa membaca berbagai nama nama peninggalanan bangunan bersejarah bangsa Belanda:

Bangunan Peninggalan Belanda di Indonesia dan Penjelasannya

  • Benteng Van Den Bosch, Ngawi

Bnagunan yang dibangun oleh bangsa penjajah Belanda ini sudah ada sejak 1839-1845. Dulunya bangunan ini dijadikan sebagai markas tentara Belanda, dan terdapat sebuah sumur besar yang dijadikan kuburan masal korban perang saat itu. Beredar mitos dan cerita horor yang mengatakan kalau banyak tentara Belanda yang gugur dan menjadi gentayangan. Bayang warga yang mengaku kalau sering melihat kalangan tentara yang berjalan tanpa kepala.

  • Lawang Sewu

Saat berada Semarang, tentu tidak asing lagi dengan salah satu bangunan tempat peninggalan Belanda yang angker di Indonesia ini. Adalah Lawang Sewu yang dibangun kokoh pada tahun 1904 di bunderan Tugu Muda, Semarang. Fungsi dibangunnya Lawang Sewu yakni dijadikan sebagai kantor dari Netherlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS.

Bangunan Peninggalan Belanda di Indonesia

  • Gereja Katedral

Di Jakarta terdapat sebuah gereja untuk umat yang beragama Katolik. Gereja Katedral merupakan salah satu peninggalan Belanda yang sudah ada sejak 1901. Gereja ini memang sengaja dibangun oleh bangsa Belanda saat menghuni Indonesia. Karena banyaknya penduduk Belanda yang juga datang untuk tinggal di Indonesia, sehingga dibangun tempat ibadah mereka. Gereja Katedral menjadi salah satu faktor perkembangan agama Katolik di Indonesia.

  • Benteng Pendem Ambarawa

Benteng Pendem Ambarawa, Semarang, telah ada sejak 1843 yang dibangun oleh Belanda. Di benteng bekas penjara ini, konon sering ada penampakan kepala tahanan yang digantung.

Baca Juga : Tempat Wisata di Perancis

  • Benteng Vastenburg

Benteng yang terletak di Surakarta ini merupakan salah satu peninggalan Belanda dan sudah berdiri sejak tahun 1745 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff. Pada zaman penjajahan Belanda, bangunan ini berfungsi sebagai tempat pengawasan terhadap kekuasaan Surakarta dan sebagai pusat garnisun. Saat Indonesia sudah merdeka, tempat ini jadi markas TNI dan pelatihan prajurit serta Brigade untuk wilayah Surakarta. Pemerintah merestorasi tempat ini pada tahun 2014 setelah sempat lama terlantar.