Burj Khalifa, Gadung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia

Burj Khalifa, sebelumnya bernama Burj Dubai, adalah sebuah pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian pencakar langit ini adalah 828 meter (2.717 kaki).

Burj Khalifa adalah bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Dimulai dari melewati ketinggian Taipei 101 sebagai bangunan tertinggi di dunia pada 21 Juli 2007.

Pada tanggal 12 September 2007, Burj Khalifa berhasil melewati ketinggian CN Tower sebagai struktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi di dunia dan pada tanggal 7 April 2008 struktur tertinggi di dunia dari Menara KVLY-TV yang berada di Blanchard, North Dakota, Amerika Serikat berhasil dilewati.

Struktur tertinggi yang pernah dibuat oleh manusia, Menara Radio Warsawa 645,4 m (2.120 kaki) dibuat pada 1974 (namun runtuh pada saat renovasi pada 1991) berhasil dilewati pada 1 September 2008.

Burj Khalifa selama ini dikenal sebagai salah satu bangunan tertinggi di dunia. Gedung pencakar langit yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab ini menjadi salah satu tempat wisata incaran wisatawan.

Arsitekturnya yang memukau serta dipenuhi beragam fasilitas mewah membuat Burj Khalifa menjadi salah satu ikon terpopuler kota Dubai.

Memiliki ketinggian 828 meter, Burj Khalifa menjadi gedung pencakar langit tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. 

Burj Khalifa berhasil mengalahkan Shanghai Tower yang hanya memiliki ketinggian sekitar 632 meter.

Mengutip Mirror, Burj Khalifa juga memegang rekor sebagai tallest free-standing structure in the world atau struktur bangunan berdiri bebas tertinggi di dunia.

Bahkan, saking tingginya, bangunan ini sudah bisa dilihat dari jarak 95 kilometer jauhnya saat cuaca sedang cerah.

Sama seperti bangunan tinggi lainnya, Burj Khalifa juga dibangun dalam waktu yang cukup lama yaitu sekitar lima tahun.

Bangunan ini pertama kali dibangun pada tanggal 6 Januari 2004 dan baru selesai pada 1 Oktober 2009. Meski begitu, Burj Khalifa baru diresmikan pada tahun 2010.

Nah, untuk bisa membuat bangunan tinggi dan mewah ini, pemerintah Uni Emirat Arab harus mempekerjakan lebih dari 12 ribu orang dengan total 22 juta jam kerja.

Sebagai bangunan tertinggi di dunia, Burj Khalifa memiliki 160 lantai yang di dalamnya memiliki sekitar 1000 apartemen.

Selain apartemen yang bisa menampung banyak orang, bangunan ini juga terdiri dari hotel, night club di lantai 143 dan juga perpustakaan tertinggi di dunia yang ada pada lantai 123.

Meski terdapat banyak kepentingan di sini, kamu tidak perlu merasa khawatir akan merasa sesak jika masuk ke sini. Sebab, meski jadi hunian bagi banyak orang, bangunan ini juga sangat luas. Saking luasnya hingga mampu menampung 35.000 orang sekaligus.

Burj Khalifa memiliki berbagai fasilitas yang membuatnya seperti kota dalam bentuk vertikal. Di dalam bangunan ini terdapat berbagai jenis bangunan seperti perumahan, restoran, kantor, kolam renang, hingga lapangan tenis. Setiap harinya, rata-rata ada 6 ribu orang yang menempatinya.

Bahkan, di Burj Khalifa juga terdapat sebuah dek observasi  bernama ‘At the Top Sky’ yang berada di lantai 148. Kamu bisa menyaksikan pemandangan kota Dubai yang memukau dari ketinggian.

Terakhir, Burj Khalifa memiliki jendela yang sangat banyak. Total ada sekitar 24 ribu jendela yang dimiliki Burj Khalifa.

Karena jumlah tersebut, tidak heran jika membutuhkan banyak petugas kebersihan hanya untuk memastikan setiap jendela di bangunan ini tetap bersih.

Selain jumlah petugas yang banyak, waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan jendela-jendela ini juga sangat lama.

Tidak tanggung-tanggung, butuh sekitar 3 bulan bagi petugas untuk membersihkan ribuan jendela tersebut.