Ruang tamu adalah sebuah ruangan terdepan yang biasanya menjadi tempat pertama yang didatangi saat berkunjung ke rumah orang lain.

Sebagai untuk menerima tamu, ruang tamu juga merupakan representasi dari keseluruhan ruma. Jadi, tak jarang ruang tamu memiliki desain interior yang paling banyak diperhatikan oleh pemilik rumah.

Untuk desain interior ruang tamu, ada banyak sekali model yang bisa diterapkan. Salah satunya adalah model yang minimalis dan modern.

Gaya seperti ini tentu sudah taka sing dengan kalian pastinya. Nah, untuk kalian yang penasaran, di bawah ini kami akan memberikan beberapa inspirasi dan tips desain ruang tamu yang menarik.

1.Minimalis dan Natural

Tips Membuat Desain Interior Ruang Tamu

Interior ruang tamu yang minimalis menjadi favorit bagi para generasi milenial. Konsep interior yang diterapkan adalah dengan mengyingkirkan barang-barang yang tak terlalu penting dan memainkan konsep padanan warna yang natural.

Warna-warna yang ada biasanya adalah abu, putih, hitam, krem, atau coklat yang dikombinasikan menjadi konsep minimalis.

Desain yang diterapkan juga menggunakan furniture tanpa adanya tambahan dekorasi yang rumit. Untuk menghasilkan warna interior ruang tamu yang lebih cerah, kalian bisa menggunakan pencahayaan alami dengan jendela yang besar.

Dalam membuat ruang tamu minimalis, pencahayaan menjadi aspek yang sangat penting dan harus diperhatikan agar menciptakan desain yang maksimal.

Atau, kalian juga bisa membuat ruang tamu bernuansa alami dengan snetuhan natural. Misalnya menambahkan interior vas bunga di pojok ruang tamu.

Hal ini akan menghasilkan desain ruang tamu yang segar dan tampak sehat. Kalian juga bisa memiliki padanan warna vas bunga yang disesuaikan dengan furniture di ruang tamu untuk menghasilkan desain interior minimalis dan modern.

Pastikan pula kalian memiliki pencahayaan yang alami dengan jendela yang besar pada ruangan untuk tampilan yang menyejukkan dan memunculkan gaya skandinavia yang dekat dengan alam.

2.Modern dan Klasik

Modern dan Klasik

Interior ruang tamu modern merupakan desain yang pas dan juga banyak diterapkan. Karena itulah, dengan padanan yang kurang pas, desain ini akan menjadi tak sesuai dengan gaya modern yang diusung.

Desain ruang tamu modern harus dilengkapi dengan dekorasi ruang tamu yang menarik dan baru. Tambahkan pula sofa putih dengan padanan bantal bercorak yang menghasilkan gaya yang menarik.

Selain itu, ada pula padanan kursi kecil lainnya dengan vas bunga di samping meja dengan warna yang serupa.

Kalian juga bisa menambahkan penggunaan material kayu untuk elemen-elemen yang natural di furniture ruang tamu seperti meja dan lemari untuk menyimpan koleksi buku.

Atau, kalian bisa menerapkan gaya klasik yang biasanya bisa ditemukan di rumah-rumah keluarga menengah ke atas yang identik dengan gaya mewah.

Namun, karena telah diimprovisasi dengan gaya yang kekinian, ruang tamu gaya klasik juga bisa dikombinasikan dengan gaya yang minimalis dan tetap modern.

Misalnya dengan memiliki ruang tamu serba putih dari mulai cat hingga furniture. Selain itu, untuk mengusung gaya klasik biasanya ruang tamu memiliki unsur heksagonal dan dekorasi dengan barang-barang antic dan berkelas.

Kalian bisa menambahkannya sebagai meja, lemari kayu, hingga hiasan dinding untuk menambah gemerlap ruang tamu gaya klasik.

Itulah beberapa tips dan ide untuk gaya ruang tamu yang masa kini. Kalian bisa mencocokkan gaya diatas dengan budget yang kalian siapkan. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian.