Menara Eiffel atau yang biasa disebut dengan nama La Tour Eiffel bagi orang Prancis, merupakan salah satu bangunan paling terkenal di dunia.

Tak heran karena menara ini memang merupakan ikon dan juga symbol dari kota Paris. Ternyata, di balik menara megah dan menjulang ini pun, ada beberapa sejarah menarik yang jarang diketahui.

Menara Eiffel sendiri dirancang dan dibangun oleh perusahaan milik Gustave Eiffel, Compagnie des Établissements Eiffel. Menara ini dibangun untuk menjadi pusat perhatian saat event 1889 World’s Fair di Paris.

Menara ini seharusnya dirubuhkan pada tahun 1909 atau 20 tahun setelah berdiri. Tetapi karena menara ini memiliki antena radio yang berguna, pemerintah Paris mengurungkan niatnya untuk membongkar Menara Eiffel.

Eiffel juga pernah “Dijual” oleh penipu bernama Victor Lustig kepada dealer besi tua. Setelah membaca artikel tentang biaya pemeliharaan menara Eiffel yang terlalu tinggi, Lustig pun berniat menjualnya.

Ia membuat sebuah dokumjen palsu dan menipu dealer besi tua untuk memberikannya uang dalam jumlah yang banyak.

Dengan ketinggian mencapai 300 meter, menara ini juga sempat memegang gelar bangunan tertinggi di dunia selama 4 dekade.

Rekornya ini kemudian dipatahkan oleh Chrysler Building di New York yang pembangunannya selesai pada tahun 1930.

Saat perancang interior Patung Liberty meninggal secara tiba – tiba di tahun 1879, Gustave Eiffel lalu dipekerjakan sebagai penggantinya. Ia lalu merancang sistem rangka penopang Patung Liberty.

Walaupun saat ini Menara Eiffel merupakan salah satu ikon kebanggaan masyarakat Paris, namun Menara Eiffel awalnya juga sempat dibenci oleh para seniman yang ada di Paris.

Pada tahun 1887, 300 seniman menandatangani petisi yang mendeskripsikan Menara Eiffel sebagai “tidak berguna dan mengerikan”.

Gustave Eiffel juga membangun laboratorium meteorology tersembunyi di lantai tiga Menara Eiffel ini.

Di sini ia serta beberapa ilmuan asal Prancis lainnya melakukan berbagai percobaan fisika, aerodinamika, bahkan membangun terowongan angina.

Menara Eiffel memang terolihat lebih menakjubkan di malam hari. Hal ini karena berdasarkan statistic resmi, Menara Eiffel menggunakan sekitar 20.000 lampu untuk menghiasi langit malam.

Selain itu, tidak sembarang orang bisa menerbitkan foto Menara Eiffel saat semua lampunya dinyalakan.

Karena, menurut undang – undang Uni Eropa desain pencahayaan ini merupakan karya seni Fotografer harus mendapatkan izin dari Société Nouvelle d’Exploitation de la Tour Eiffel terlebih dahulu.

Tinggi Menara Eiffel bisa tumbuh sekitar 15 cm saat musim panas karena dipengaruhi oleh matahari. Hal ini tak mengejutkan mengingat menara ini seluruhnya terdiri dari metal.

Selain itu, puncaknya juga bisa bergeser dari matahari hingga 18 cm karena ekspansi termal pada sisi yang menghadap matahari.

Saat Jerman menduduki Prancis saat perang dunia kedua, Adolf Hitler memerintahkan Jenderal Dietrich von Choltitz untuk menghancurkan Menara Eiffel dan bagian kota Paris lainnya. Untungnya von Choltitz menolak perintah tersebut.

Pada tahun 2007, seorang wanita bernama Erika La Tour Eiffel menikahi Menara Eiffel. Ia mengaku sebagai seseorang yang memiliki ketertarikan seksual dengan benda mati dan hatinya telah dicuri oleh Menara Eiffel.

Itulah bagaimana sejarah dan beberapa fakta menarik mengenai Menara Eiffel. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang ingin tahu lebih banyak mengenai berbagai bangunan bersejarah dan juga populer di dunia.