Mengenal kisah sejarah dari tembok besar Cina yang sangat terkenal di Dunia, bangunan ini juga masuk menjadi warisan UNESCO. Dengan panjang 20.000 km maka bangunan ini di nobatkan sebagai tembok terbesar dunia hingga saat sekarang.

Sejarah yang paling populer dari Tembok Cina adalah kemenangannya saat bertempur, Qin Shi Huang adalah kaisar pertama dari China. Dia adalah sosok paling kuat sekaligus yang menciptakan gagasan pembuatan Tembok Cina tersebut.

Sejarah Tembok Besar Cina

Pada abad ke-3 SM tembok ini sengaja dibangun dengan tujuan pertahanan, karena kerasnya politik antara Cina Selatan & Utara. Cara ini digunakan demi mencegah serangan dari masyarakat nomaden sebelumnya pernah merencanakan pembrontakan.

Dibuat dari bahan batu & tanah liat, tembok ini membentang dari pelabuhan laut Shanhaiguan di Laut Cina. Setelah kematian Qin Shi Huang banyak bagian pada tembok tersebut yang rusak. Dilanjutkan dalam masa kepemimpinan Dinasti Wei Utara.

Sejarah Tembok Besar Cina Berabad – Abad

Sejarah Tembok Besar Cina

Kerajaan Bei Qi (550-577) sudah mengambil bagian dari posisi Qin Shi Huang. Dan sudah memperbaiki lebih dari 14.000 kilometer yang rusak karena perang dan usia dari tembok memang harus di perbaiki. Namun Bei Qi tidak mampu bertahan lama, sehingga banyaknya dinasti berganti – ganti menduduki kedudukan kekuasaan disana.

Jatuhnya Sui kemudian memberikan kesempatan bagi Dinasti Tang untuk mengambil alih kepemimipinan. Dalam masa pembangunannya Tembok Cina menghabiskan waktu selama 2000 tahun. Awal dibangun adalah pada abad ke-8 dan sisanya harus memakan hingga berabad – abad. Dan bangunan tua bersejarah ini pertama kali diketahui oleh penjelajah Portugis bernama Bento de Gois.

Terdapat sangat banyak mitos dari pembuatan Tembok Raksasa ini, salah satunya dimana pondasi nya terbuat dari tulang manusia. Tapi itu sangat tidak mungkin, karena tulang manusia akan rapuh dan hancur. Buktinya hingga sekarang tembok ini tetap berdiri dengan kokoh meski sedikit memerlukan perbaikan pada beberapa bagiannya.

Tinggi dari Tembok Cina ini tidak rata, karena pada jaman dulu belum ada arsitek sebaik sekarang. Kisaran dari tinggi tembo ini adalah dari 12 – 15 kaki. Dirancang sangat tinggi untuk melindungi prajurit perang dari serangan panah dan lemparan batu besar lainnya.