Sebagai Ibukota, Jakarta tentunya memiliki banyak tempat-tempat bersejarah dari peninggalan-peninggalan para pahlawan dan para penjajah kita.

Kita sebagai penerus bangsa harus bisa menghormati peninggalan dan menghargai jasa para pahlawan kita yang telah membawa kita kepada kemerdekaan. Maka dari itu, kita harus melestarikan peninggalan-peninggalan ini.

Nah, bukan hanya melestarikan. Kalian juga wajib untuk datang ke tempat bersejarah dengan peninggalan-peninggalan sejarahnya yang wajib kalian ketahui. Mau tahu apa saja? Simak Berikut!

1.Musem Satria Mandala, Jaksel

Tempat Bersejarah di Jakarta Yang Wajib Banget Kalian Kunjungi

Salah satu tempat wisata sejarah yang sangat ramai dikunjungi orang ini berada di daerah Jakarta Selatan.

Konon katanya, istri pertama Soekarno Hatta yang bernama Ratna Sari Dewi ini berkediaman di Museum Satria Mandala ini yang telah dijadikan pusat sejarah TNI atau sekarang Museum Satria Mandala setelah 26 tahun hari kemerdekaan.

Didalam sini kalian akan melihat banyak sejarah-sejarah peninggalan TNI. Bahkan museum ini pernah menjadi tempat persemayaman Presiden Soekarno sebelum ia dikuburkan atau didoakan di museum ini.

Museum ini sangat cocok untuk kalian yang mempunyai jiwa tentara. Dan harga masuknya juga sangat murah seperti harga jajanan dengan harga 2000 rupiah saja.

2. Monas, Jakarta Pusat

Monas, Jakarta Pusat

Simbol Jakarta yang satu ini tentunya sudah diketahui semua orang di Indonesia. Akan tetapi, bukan hanya sebagai simbol monas ini juga terdapat banyak fasilitas ber-rekreasi.

Kita bisa melihat pemandangan Jakarta menggunakan teropong dibagian puncak monas. Dan ada juga beberapa lukisan yang menggambarkan bagaimana sih sejarah Indonesia hingga saat ini.

Harga masuknya juga sangatlah murah seperti gorengan di abang-abang pinggir jalan.

3. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah

Siapa sih yang gatau Batavia atau sekarang yang bernama Kota Tua? Ya, di dalam Kota Tua terdapat Museum Fatahillah yang didalamnya memberikan kita perasaan nostalgia seperti pada jaman penjajahan kolonial Belanda.

Dengan benda bersejarah sejumlah puluhan ribu dan berbeda-beda membuat kita menjadi penasaran dengan jaman penjajahan pada saat dulu kala.

4. Kota Tua

Kota Tua

Nah, kalau yang tadi Museum Fatahillah berada di Kota tua, sekarang adalah Kota Tuanya tersendiri yang terletak di Jakarta Barat. Tidak hanya Museum Fatahillah tetapi masih banyak Museum lainnya yang terdapat di Kota Tua ini.

Seperti Museum Wayang dan Museum BI. Konon katanya, Kota Tua ini dulunya dijadikan sebagai pusat pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia.

5. Museum Gajah, Jakarta Pusat

Museum Gajah, Jakarta Pusat

Bukan hanya Monas saja yang terdapat di Jakarta Pusat melainkan Museum Gajah juga salah satu peninggalan kolonial Belanda pada tahun 1978.

Didalam sini terdapat puluhan ribu barang bersejarah arkeologi, etnografi, geografis, hingga keramik.

6. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia

Terletak di Kota Tua yang berisikan tentang benda dan dokumen bersejarah yang dilestarikan untuk memberitahukan generasi penerus Indonesia tentang sejarah ini. kalian juga bisa melihat perkembangan Indonesia dari beberapa lukisan dari waktu ke waktu.

Terdapat juga beberapa peninggalan mata uang Rupiah dari jaman dahulu hingga sekarang yang membuat kalian kebingungan dengan desainnya yang sangat berbeda.

Terletak di Jakarta Barat tepatnya di Kota Tua dan hanya dibuka hingga pukul 15:30 sore saja, jadi jangan datangnya waktu pukul 16:00 ya guys.

Nah, itulah beberapa peninggalan museum-museum dari kolonial Belanda di Jakarta. So guys, tunggu apalagi? Ayo berkunjung ketempat bersejarah ini untuk merasakan nostalgia yang terjadi pada jaman penjajahan.